Mobil reli baru Skoda Fabia yang sangat Anda inginkan

Karena Skoda telah gagal untuk meniru Toyota dan mendapatkan homologasi liar khusus dari Fabia, sangat mudah untuk melupakan bahwa perusahaan tersebut benar-benar memproduksi mobil reli yang sangat mirip dengan supermini road-goingnya yang sederhana. Tapi tidak ada yang sederhana tentang kesuksesan Fabia di motorsport. Bukan hanya karena telah memenangkan dua belas gelar dunia, tetapi karena Skoda Motorsport telah membangun dan menjual lebih dari 450 unit, yang telah mengklaim 1.700 kemenangan langsung.

Itu adalah angka yang mengejutkan, dan di semua varian itu menempatkan Fabia di antara mobil reli paling sukses yang pernah memutar roda. Jadi pengenalan versi baru bukanlah hal yang kecil bagi Skoda, bahkan jika kita tidak bisa terburu-buru ke dealer dan membeli sesuatu yang sangat mirip dengannya. Terlepas dari itu, mobil baru ini didasarkan pada Fabia generasi keempat, meskipun dengan jenis lengkungan, sayap, dan aero yang secara naluriah membuat kantor PH menggigit punggung tangannya.

Tampaknya Anda mendapatkan downforce dua kali lipat dari pendahulunya, yang merupakan hal yang baik ketika Anda mempertimbangkan bahwa Skoda telah menenggelamkan mesin baru di Fabia RS Rally2; yaitu versi 1.6 liter dari motor EA888 yang sudah berjalan lama yang menggerakkan hampir setiap hot hatch VW Group yang dapat Anda pikirkan. Dikawinkan dengan kotak ‘sekuensial lima kecepatan, Skoda mengatakan itu menghasilkan sekitar 289hp dan torsi 317lb ft di Fabia, yang menemukan jalannya ke jalan melalui perbedaan mekanis depan dan belakang (peraturan melarang alat bantu mengemudi elektronik). Dan jika penggerak empat roda tidak cukup untuk membuat akselerasi brutal, Fabia diarahkan pendek – yaitu tidak akan membuat lebih dari 124mph, tapi mungkin akan meninggalkan bekas di leher Anda.

Itu pasti meninggalkan bekas di bola mata. Tidak ada argumen di sini, silakan: Fabia RS Rally2 terlihat bisnis. Tentu saja ada lebih banyak detail teknis untuk dibongkar jika Anda memang menginginkannya – sangkar gulung baru terdiri dari pipa baja sepanjang 35,8 m; ada sistem pendingin rem yang berbeda untuk acara kerikil atau aspal; wheelbase model yang lebih panjang telah mendorong perombakan sasis; ya, itu adalah cat Hyper Green yang sama yang bisa Anda dapatkan pada Octavia vRS – tetapi satu-satunya pertanyaan yang harus Anda tanyakan adalah “kapan Skoda akan membuatkan saya Fabia AWD 300hp yang bisa saya kendarai ke toko?” Entah kenapa, jawabannya tampaknya ‘tidak pernah’. Malu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *