Mercedes-Benz 190E 2.5-16 | Tutul

Praktis tidak ada peluang bagi pembalap Formula 1 saat ini untuk melakukan sesuatu di luar level tertinggi motorsport. Ya, Fernando Alonso baru-baru ini mendapat beberapa pukulan di Indy 500 dan dia meraih beberapa kemenangan di 24 Hours of Le Mans, tetapi dapatkah Anda membayangkan dia mengendarai truk stadion di antara Grand Prix? Atau Lewis Hamilton bergabung dengan saudaranya Nicholas di BTCC? Bagaimana dengan Carlos Sainz Jr. melakukan putaran WRC?

Agar adil bagi mereka, pembalap F1 hari ini memang memiliki kalender yang padat dan (jika Anda menggunakan Mercedes) mengalami putaran demi putaran berkat porpoising. Tapi putar waktu ke belakang beberapa dekade dan pembalap biasa membalap hampir semua hal yang bisa mereka pakai. Mungkin puncak mutlak dari ini adalah balapan pada tahun 1984 yang melibatkan pembalap F1, sirkuit GP Nurburgring dan Mercedes-Benz 190E 2.3-16.

Ide di balik balapan ini adalah untuk memamerkan trek GP Nurburgring baru, yang diluncurkan sebagai alternatif yang lebih aman daripada Nordschleife. Grid termasuk legenda F1 seperti Niki Lauda, ​​James Hunt, Alain Prost, dan beberapa pria Brasil baru bernama Ayrton Senna. Mereka semua akan mengendarai 190E yang identik, yang mungkin paling dekat dengan pembalap F1 saat ini yang semuanya bersaing di mobil yang sama – dapatkah Anda membayangkan argumen Twitter yang tak ada habisnya jika itu terjadi hari ini?

Lauda memulai dari belakang grid, dan meskipun berpacu dengan Alain Prost dan Keke Rosberg muda, ia berhasil naik ke posisi kedua sebelum menemukan penghalang jalan dalam bentuk 190E krem. Senna, yang meskipun menjadi pembalap paling tidak berpengalaman di grid, menahan orang yang akan menjadi juara dunia F1 tahun itu. Balapan menunjukkan betapa istimewanya Senna – dan mengukuhkan Mercedes sebagai ikon motorsport yang tidak biasa.

190E ini bukan salah satu mobil asli yang digunakan pada tahun ’84; itu adalah 2.5 tahun 1989 yang berhasil tanpa kepala Cosworth. Tenaga ditingkatkan sebesar 22hp menjadi 204hp (meskipun catalytic converter tampaknya menghasilkan sepuluh kuda), dan Anda mendapatkan sedikit lebih banyak torsi pada 177lb ft. Perdebatan berlanjut hingga hari ini tentang apakah punchier 2.5 atau revvier 2.3 adalah 190E yang lebih baik, tetapi keduanya tetap hebat. Menariknya, final drive ditingkatkan untuk memberi manfaat pada perilaku jalan raya 2.5, menjadikan 190E kemudian salah satu contoh awal dari apa yang kami harapkan dari sedan super Jerman yang dapat Anda gunakan setiap hari.

Memang, jumlahnya cukup kecil dibandingkan dengan apa yang biasa kita lakukan, tetapi 190E yang mengejar M3 adalah peningkatan besar dari model standar. Tingkat pegas dan peredam dikerjakan ulang untuk drive yang lebih sporty, dan suspensi belakang self-levelling hidraulik dimasukkan. Plus, pada 2.5 seperti ini, Diferensial Penguncian Otomatis (atau ASD) Merc yang mewah disertakan sebagai standar untuk membantu meminimalkan understeer dan meningkatkan traksi. Tentu, itu tidak akan maju seperti yang terlihat hari ini, tetapi di tahun 1980-an ini cukup canggih. Semuanya dilengkapi dengan bodykit tahun 80-an yang sangat menarik.

Yang ini perak, jadi tidak persis seperti pembalap beige Senna, tapi bisa dibilang lebih baik untuk itu. 190E 2.5-16 terdaftar di £ 34.950 dengan 94.000 mil pada jam, meskipun penjual menyatakan bahwa itu baru-baru ini mengalami sedikit pekerjaan restorasi – yang mungkin mengapa terlihat sangat rapi. Pukul stiker yang dipasang di atasnya dengan nama Senna di samping dan Anda mendapatkan replika mobil balap dengan harga murah.

SPESIFIKASI | MERCEDES-BENZ 190E 2.5-16

Mesin: 2.498cc empat silinder
Penularan: Manual kaki anjing 5 kecepatan, penggerak roda belakangDaya (hp): [email protected]Torsi (lb kaki): [email protected]MPG: T/ACO2: T/ATahun terdaftar: 1989Mil yang tercatat: 94,000
Harga baru: T/A
Milik Anda untuk: £34,950

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *