Lotus Exige LF1 terakhir untuk dijual

Ada kontroversi aneh di Formula 1 pada tahun 2011 tentang penggunaan nama Lotus. Tim Lotus, yang telah kembali ke olahraga setahun sebelumnya sebagai salah satu regu anggaran baru, berpendapat bahwa mereka memiliki hak atas nama asli dan oleh karena itu dapat menggunakan lencana Lotus. Sementara itu, tim yang sebelumnya dikenal sebagai Renault telah menjalin kemitraan dengan Lotus Cars untuk musim ini, dan dapat dimengerti memilih untuk melapisi mobilnya dengan lencana Lotus dan warna hitam dan emas retro.

Meski memiliki nama yang sama, nasib mereka di F1 benar-benar berbeda. Team Lotus berganti nama menjadi Caterham F1 pada tahun berikutnya sebelum keluar dari olahraga sama sekali pada tahun 2014 karena hasil yang umumnya sampah. Skuad Lotus F1 yang didukung Renault, bagaimanapun, akan memenangkan beberapa balapan dengan Kimi Raikkonen selama dua tahun ke depan dan bahkan menantang untuk gelar (semacam).

Untuk merayakan kembalinya kemenangan, Lotus Cars meluncurkan 81 contoh Exige LF1 edisi terbatas untuk menandai kemenangannya (dan kemenangan Team Lotus asli) antara tahun 1960 dan 2013. Contoh khusus ini adalah 81st dan mobil terakhir yang keluar jalur dan, oleh karena itu, dibuat untuk memperingati kemenangan Raikkonen di GP Australia 2013. Saat itu kami pikir itu mungkin berubah menjadi tantangan gelar …

Bagaimanapun, hadiah besar bahwa ini adalah salah satu mobil LF1 adalah catnya. Meskipun mobil Lotus F1 telah memakai banyak corak selama 70 tahun terakhir – paling tidak corak merah dan emas yang mengagumkan dari akhir tahun 60-an dan skema kuning tebal dari zaman Unta – setiap contoh LF1 selesai dalam warna hitam dan emas. Mari kita hadapi itu, itu mungkin livery motorsport terbaik sepanjang masa – meskipun kami senang terbukti salah dalam komentar.

Ini terlihat luar biasa di Exige, dengan aksen merah di splitter depan, kaca spion dan rem, serta garis kecil yang berhenti di lubang kap mesin. Jika catnya tidak cukup mencolok, ada beberapa lencana LF1 yang tersebar di sekitar eksterior serta versi hitam dan emas dari lencana Lotus.

Memang, tidak banyak yang bisa dilakukan pabrikan untuk meramaikan interior Exige mengingat betapa sederhananya mobil dasarnya, tetapi Anda mendapatkan kursi sport hitam dan emas dengan nama tim Lotus F1 yang disulam ke sandaran dan logo LF1 dijahit ke alas lantai. Jahitan emas di sisipan pintu adalah sentuhan kemewahan yang mengejutkan dari Lotus dan Anda bahkan dapat menentukan radio – opsi yang dicentang oleh pemilik sebelumnya pada mobil ini.

Secara mekanis, LF1 identik dengan Exige S, dengan tenaga yang berasal dari V6 3,5 liter supercharged yang menghasilkan 350hp dan torsi 295lb ft. Namun, Anda mendapatkan Race Pack opsional yang diberikan secara gratis, yang mencakup Dynamic Performance Management, rem dua bagian, dan ban Pirelli P Zero Trofeo yang lebih lengket.

Untungnya, pemilik sebelumnya pergi ke kota di daftar opsi. Mobil ini dilengkapi dengan AC, kursi berpemanas, dan sensor parkir. Plus, ketika Anda mempertimbangkan bahwa ini adalah mobil yang dijalankan terbatas dengan tautan F1 dan yang terakhir dari jenisnya, sepertinya jumlah mobil yang cukup besar untuk harga yang diminta £ 47.995. Pemilik sebelumnya bahkan telah memasukkan model Corgi dan Scalextric dari mobil pemenang balapan Raikkonen, ditambah replika skala 1:2 dari… helm Romain Grosjean. Masih cukup menggoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *