Jeep Cherokee 5.7 Hemi | Pil Pemberani

Brave Pill hidup untuk menjelajahi bagian peta otomotif yang gelap dan menakutkan di mana ketakutan yang waspada untuk melangkah, berburu jenis mobil yang memindahkan risiko: rasio hadiah menjadi “apakah Anda gila?” wilayah.

Ada pengecualian untuk aturan tersebut, tentu saja – Volvo bertema Jubilee minggu lalu adalah contoh yang bagus – tetapi pencarian daging merah mengarah ke beberapa jalur yang sudah usang: mesin besar, angka MPG rendah, dan jenis masalah mekanis yang mengancam untuk dipakai. mengeluarkan tombol nol pada komputer yang digunakan oleh bengkel untuk mengetik faktur. Namun, anehnya, ini adalah pil pertama yang menampilkan salah satu tanda umum bahaya mekanis: konversi LPG.

Liquified Petroleum Gas mungkin tidak berani dengan sendirinya, tetapi telah lama menjadi pilihan populer bagi para pengemudi mulai dari yang bijaksana secara fiskal hingga yang benar-benar kikir. Dilihat sebagai bahan bakar yang lebih bersih daripada bensin atau solar, telah lama dikenakan pajak dengan tarif yang jauh lebih rendah daripada keduanya. Perbedaan harga telah naik dan turun selama bertahun-tahun, tetapi saat saya menulis ini, harga rata-rata satu liter di Inggris adalah £0,73 – jadi kurang dari setengah biaya tanpa timbal.

Tapi sementara LPG relatif murah, banyak yang ingin mendapatkan keuntungan darinya telah mengambil harga murah mereka ke dalam biaya konversi juga. Tidak adil untuk mengatakan bahwa semua adaptasi LPG anggaran rendah adalah hal yang mematikan, tetapi sejumlah besar memang demikian.

Inggris, ternyata, terkenal akan hal ini. Di bagian lain dunia konversi LPG aftermarket harus dilakukan oleh tukang yang disetujui dengan mobil kemudian tunduk pada inspeksi teknis resmi. Di sini kita mengambil sikap yang jauh lebih santai. Beberapa tahun yang lalu saya berbicara dengan seorang mekanik Polandia yang bekerja di Oxfordshire sebagai tukang tambal ban, tetapi yang sebelumnya telah melakukan konversi LPG di tanah airnya. Di Polandia ini sangat populer, tetapi juga dikontrol dengan ketat, dan dia ngeri mengetahui betapa longgarnya standar Inggris – gerakan tangan yang meledak-ledak menyertai tuduhannya bahwa banyak yang pada dasarnya adalah bom bergulir.

Sementara banyak instalasi LPG dilakukan oleh para profesional yang rajin, seperti yang terlihat pada pil kami, yang lain dipasang oleh jenis pedagang yang dibuntuti oleh pria pengendara sepeda motor di BBC Watchdog. Atau terkadang hanya amatir yang antusias mencoba sedikit DIY. Ini juga bukan hal ‘masa lalu yang buruk’. Panduan resmi Pemerintah yang mengakui “di Inggris tidak ada peraturan perundang-undangan untuk memeriksa keamanan konversi LPG aftermarket sebelum digunakan di jalan atau pada uji kelayakan jalan tahunan (MOT).” Meninggalkan semacam celah yang bisa Anda lewati oleh kavaleri rumah tangga.

LPG secara tradisional menarik bagi dua kelompok yang berbeda. Yang pertama adalah orang-orang ketat yang bertekad untuk memangkas biaya operasional melalui tulang dan sumsum, yang menggunakannya dalam mesin yang sudah hemat untuk membuat mobil yang hampir tidak lebih mahal daripada berjalan kaki. Beberapa pembuat mobil bahkan terlibat dalam konversi pabrik – Vauxhall menjual LPG Astra baru yang menggabungkan mesin 1.4 liter perusahaan dengan kemampuan untuk memindahkan biaya bahan bakar per mil menjadi satu digit yang rendah. Saya pernah mengendarai mobil pers dari London ke Devon dan kembali dengan harga di bawah £15.

Kelompok pengadopsi lainnya adalah yang membawa kita ke sini: mereka yang putus asa untuk mengurangi biaya pengisian bahan bakar seorang pemabuk sejati. Tingkat kecemasan fiskal yang dirasakan cenderung memiliki pengaruh kuat pada kualitas konversi yang dibayar. Tetapi sebagian besar mobil bertenaga bensin adalah penerima yang jelas mengingat kebutuhan untuk menemukan ruang yang diperlukan untuk tangki bahan bakar kedua. Ketika saya mempermainkan gagasan untuk membeli Land Cruiser Amazon atau P38 Range Rover berbahan bakar bensin beberapa tahun yang lalu, rasanya seperti mayoritas menggunakan LPG dengan anggaran terbatas.

Grand Cherokee ini adalah Jeep pertama Pill – apa kabar, kawan – dan meskipun dealer yang menjualnya tidak menyatakan kapan konversi gas dilakukan, fakta bahwa iklan tersebut membanggakan satu pemilik dan mobil memiliki jarak 86.000 mil menunjukkan bahwa itu mungkin cukup awal. untuk mengekstrak manfaat maksimal.

Seperti yang akan dicatat oleh penggemar Jeep, ini adalah contoh awal dari apa yang disebut model generasi ketiga ‘WK’, yang memiliki gaya lebih persegi daripada pendahulunya yang tampak lebih baik. WK sebelumnya juga menampilkan lampu depan yang sangat aneh yang menggabungkan bentuk lampu melingkar kembar yang tumpang tindih, tetapi sebenarnya adalah satu unit. Secara mekanis itu jauh lebih maju daripada mobil yang digantikannya – bukan bar yang tinggi, memang – dengan suspensi depan independen alih-alih as roda hidup dan (pada versi yang lebih mahal) Quadra-Drive II dengan diferensial yang dikunci secara elektrik di depan dan belakang.

Grand Cherokee ini mempertahankan tradisi Jeep yang aneh menjadi besar di luar dan kecil di dalam, interior terasa sangat ketat di depan dan belakang. Ingatan saya yang lain tentang contoh baru adalah aroma kuat yang dihasilkan oleh kombinasi pelapis kulit dan trim plastik murah di kabin. Tapi GC dilengkapi dengan baik dan, dibandingkan dengan alternatif posher, harga bagus di Inggris. Sebagian besar pembeli Inggris, tidak mengejutkan, memilih diesel 3.0 liter yang bersumber dari Mercedes. Ini memberikan kecepatan suam-suam kuku, tetapi juga kemungkinan mencetak lebih baik dari 20mpg secara teratur.

Yang lebih dari yang bisa dikatakan untuk opsi pembangkit listrik lain yang tersedia – Hemi V8 5,7 liter. Ini adalah mesin pushrod besar dan malas dalam tradisi AS terbaik, menghasilkan 322hp tanpa tekanan dan menghasilkan beberapa suara yang bagus saat didorong dengan keras. Dilepaskan sepenuhnya, ia mampu melaju dari 0-60mph dalam 7 detik, meskipun dengan sikap seperti itu, speedboat akan dibanggakan. Pelayaran santai lebih merupakan spesialisasinya, meskipun angka ekonomi resmi 18mpg suram bahkan 17 tahun yang lalu. Dan itu adalah skenario kasus terbaik; jelajah lebih cepat atau penggunaan off-road akan menurunkan angka itu.

Dealer penjual menjanjikan konversi Pill’s LPG kami dilengkapi dengan “semua kertas kerja”, dan bahwa mobil telah terdaftar sebagai bahan bakar alternatif, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut; inspeksi ahli akan menjadi ide yang bagus. Mesin Hemi itu sendiri dianggap sekeras sepatu bot tua Chuck Norris dengan anggapan bahwa ia memiliki perawatan dasar, dan iklan tersebut menjanjikan banyak sejarah. Tapi sisi lain dari powertrain tidak dianggap kokoh, dengan Grand Cherokee memiliki rep untuk kotak transfer lengket, perbedaan belakang cengeng, gangguan gearbox sesekali – dan konsumsi cepat komponen suspensi.

Sejarah MOT Pill kami menegaskan DVLA telah ditandai sebagai LPG’er, tetapi juga mengungkapkan itu mencatat lulus terbaru pada bulan Maret dengan nasihat untuk bantalan rem marginal dan cakram, bagian bawah bodi mobil dan korosi knalpot dan berbagai bush aus. Untungnya dealer penjual menjanjikan bahwa “setiap nasihat tentang” [brake] cakram, bantalan rem, dan ban akan diganti dan termasuk dalam harga yang diiklankan”: jadi sedikit yang harus diselesaikan.

Meskipun akan ada biaya perawatan dan pemeliharaan yang harus dihadapi, pemilik Jeep berikutnya harus terus menghemat relatif terhadap biaya menjalankan versi bensin langsung. Oke, bahkan dengan harga kurang dari setengah harga bensin, itu masih hanya akan menghasilkan setara dengan sekitar 30mpg tanpa timbal biasa. Tapi itu masih membuatnya menjadi tawar-menawar matematika pria, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *