Jaguar XJ220 S Max Cooper untuk dijual

Ketika Anda adalah pendiri reli supercar paling terkenal di planet ini, semua orang akan mengharapkan Anda untuk muncul dalam sesuatu yang luar biasa. Jadi ketika Maximillian Cooper, pendiri Gumball 3000, berada di posisi itu selama hari-hari awal reli, dia membeli sesuatu yang belum pernah ditampilkan dalam sejarah acara – Jaguar XJ220.

Sesuai dengan bentuknya, itu bukan XJ220 biasa. Itu adalah XJ220 S yang kurang dikenal – meskipun dengan latar belakang non-standar. Versi S asli dibuat oleh Tom Walkinshaw Racing pada tahun 1993 untuk menghomologasikan XJ220 untuk penggunaan kompetisi. TWR membangun tiga varian balap – dijuluki XJ220 C – dan enam model roadgoing. (Apa yang kami suka sebut masa lalu yang indah dari homologasi spesial.)

TWR memulai dengan menempatkan supercar pada program penurunan berat badan yang radikal. Hampir 400kg dihilangkan dengan mengganti panel bodi aluminium mobil dengan polimer yang diperkuat serat karbon. Lampu depan lipat trik mobil produksi juga diganti dengan unit tetap yang lebih ringan dengan penutup Perspex, sehingga bobot mobil turun menjadi 1.080kg langsing.

Seperti layaknya trek khusus, aerodinamis juga dimodifikasi, dengan splitter depan yang chunky, kusen yang lebih lebar dan sayap belakang yang bisa disesuaikan. Saluran masuk kecil juga dipasang di kedua sisi penutup mesin untuk meningkatkan pendinginan. Digabungkan dengan bodywork yang ringan dan paket aero yang agresif, TWR memasang suspensi yang ditingkatkan dan memasang satu set pelek BBS penguncian tengah.

Secara alami, ada dorongan daya yang sehat untuk bekerja dengan sasis. XJ220 S mempertahankan mesin V6 3,5 liter twin-turbo mobil standar, hanya dengan peningkatan tenaga dari 550hp menjadi 680hp, sebagian besar berkat dukungan turbo yang lebih besar. Secara signifikan, ini menjadikan S sebagai mobil produksi paling bertenaga yang pernah dibuat pada tahun 1993, mengalahkan Bugatti EB110 Super Sport dan McLaren F1. Tidak ada kontrol traksi juga, berpotensi membuat perjalanan cuaca basah (dan penampilan Gumball) sedikit berkeringat.

Apa yang membuat Cooper XJ220 S sedikit berbeda adalah bahwa itu sebenarnya bukan salah satu dari setengah lusin varian S roadgoing super langka yang dibuat oleh TWR. Sebagai gantinya ia memulai hidup sebagai XJ220 standar pada Oktober 1993, sebelum ditingkatkan ke spesifikasi S oleh spesialis Jaguar Don Law Racing pada akhir 1990-an. Pada saat yang sama, cat Spa Silver diganti dengan TWR Jaguar White, sementara jok hitam dengan trim Alcantara menggantikan interior kulit asli berwarna abu-abu.

Seperti pemilik sebelumnya, XJ220 S ini telah mendunia melalui berbagai penampilannya di Gumball 3000, belum lagi akting cemerlang di Goodwood Festival of Speed ​​dan The Quail. Hebatnya, selama itu jarak tempuhnya kurang dari 14.000 mil

Ini terdaftar untuk £ 449.950, yang hanya sedikit lebih dari standar XJ220 yang diambil hari ini. Tentu, itu jauh dari kata murah, tetapi ketika Anda mempertimbangkan para pesaingnya sekarang berpindah tangan untuk tujuh angka, XJ220 S ini tampak seperti sedikit tawar-menawar. Bagaimanapun, Bugatti EB110 SS dijual seharga €2,24 juta tahun lalu, sementara McLaren F1 mencapai puluhan juta. Dan ini lebih kuat dari keduanya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *