Honda City Turbo II | Tutul

Mungkin tidak ada genre mobil Jepang yang lebih menarik selain barang-barang mungil yang mungil. Baiklah, ikon turbo performa tinggi di awal 21st abad cukup keren. Tapi siapa yang bisa melupakan Daihatsu Cuore Avanzato TR-XX R4, Suzuki Cappuccino, Mazda Autozam AZ-1 atau Toyota Sera? Begitu banyak kecerdikan, begitu sedikit ruang. Mereka hanya bisa datang dari Jepang.

Honda City Turbo ini adalah contoh sempurna dari trah ini. Meskipun secara teknis bukan mobil kei – setidaknya tidak menurut Wikipedia – mobil ini kecil dan penuh intrik. Jika Anda tahu Kota sama sekali, Turbo adalah model yang paling terkenal, tetapi ada berbagai macam varian dalam produksi lima tahun selama tahun 1980-an: van, cabriolet, atap tinggi dan banyak lagi. Sekali lagi, itu tidak bisa lebih Jepang – jangan lupa ada pilihan skuter 50cc Motocompo untuk boot pada model tertentu. Honda memecahkan masalah komuter mil terakhir 40 tahun yang lalu …

Plus, tentu saja, Turbo sedikit ripper. Adalah gagasan Hirotoshi Honda, putra Soichiro dan pendiri Mugen, yang akan membantu menjelaskan keinginannya untuk membuat sesuatu yang kecil dan ringan memang berjalan sangat cepat. Hanya ada 1.231cc kapasitas menyapu, tetapi output maksimum 110hp dan 108lb ft, yang terdengar lebih dari cukup dengan kurang dari 750kg untuk dipindahkan. Honda turbo cepat memiliki sejarah yang lebih panjang dari yang Anda kira. Begitu juga yang kokoh dan tahan lama juga – 40 tahun yang lalu musim panas ini, dua anggota staf Honda mengendarai City Turbo lebih dari 6.000 mil di seluruh Eropa. Tidak jelas apakah mereka dipilih, atau sukarela!

Ini adalah yang terbaik sejauh City Turbos pergi, mobil generasi kedua yang dikenal sebagai ‘Bulldog’ berkat bodykit yang lebih agresif. Itu diperkenalkan pada akhir tahun 1983, berlanjut hingga akhir tahun 1986. Yang ini dari tahun ’83, jadi contoh yang sangat awal, dan hanya diimpor ke Inggris pada tahun 2020. Ini adalah yang pertama yang pernah kami lihat untuk dijual di sini, dan terlihat bagus. Yang mana, untuk sebuah city car berusia 40 tahun, bahkan dengan performa terbaik di kelasnya, merupakan sebuah pencapaian.

Itu menempuh jarak lebih dari 30.000 mil pada waktu itu, dengan semua keanehan City Turbo – grafis, mudflaps, bumper yang lebih besar, alas lantai yang luar biasa, dan mesin dengan atap merah seperti semua Honda terbaik – dalam kondisi prima. Ada beberapa keausan yang tak terhindarkan, tetapi itu adalah penyintas yang sangat terpelihara dengan baik.

Cukup sulit untuk menentukan apa yang akan dilakukan pembeli berikutnya dengan City Turbo II; dalam kondisi ini dan ditawarkan dengan harga £15k, mungkin terlalu bagus untuk digunakan secara teratur, betapapun besarnya mungkin sebagai kendaraan komuter. Di sisi lain, tidak ada yang perlu diingatkan tentang mainan Honda cepat yang lebih cepat, lebih populer dan tersedia yang dibeli dengan uang. Tetap saja, Bulldog hanya membutuhkan satu orang untuk jatuh cinta pada pesonanya yang luar biasa, dan tidak ada yang lebih berharga dari keunikannya. Tidak akan ada yang lain di pertemuan mobil Jepang Anda berikutnya, itu pasti …

SPESIFIKASI | HONDA CITY TURBO II

Mesin: 1.231cc, empat silinder turbo
Penularan: Manual 5 kecepatan, penggerak roda depan
Daya (hp): [email protected]
Torsi (lb kaki): [email protected]
MPG: T/A
CO2: T/A
Tahun terdaftar: 1983 (2020 di Inggris)
Jarak tempuh yang tercatat: sekitar 32.000
Harga baru: T/A
Milik Anda untuk: £14.895

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *