Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rental Mobil di Bandung

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rental Mobil di Bandung

Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena di kota Bandung ada banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menarik.

Bagi wisatawan yang tidak memiliki mobil pribadi, biasanya mereka akan menyewa mobil untuk menghabiskan waktu liburannya di kota Bandung.

Nah, saat hendak memilih rental mobil Bandung, berikut dibawah ini ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

1. Lakukan Perbandingan Harga

Setiap perusahaan rental mobil di Bandung tentunya menawarkan harga dan pelayanan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, lakukan perbandingan harga dan layanan pada setiap perusahaan rental mobil tersebut, mulai dari hahrga harian, mingguan, hingga bulanan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan layanan tambahan yang mungkin saja dibutuhkan, seperti driver, asuransi, fitur GPS, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Testimoni Pelanggan

Selain perbadingan harga, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan testimoni atau ulasan dari pelanggan lain.

Dalam hal ini, fokuskanlah pada ulasan yang memberikan gambaran seputar kondisi mobil, kebersihan, kenyamanan, dan profesionalisme pelayanan.

Apabila banyak ulasan yang berbau negatif, sebaiknya kamu cari lagi perusahaan rental mobil lainnya.

3. Cek Kondisi Mobil

Setelah menemukan perusahaan rental yang tepat, lakukan pengecekan kondisi mobilnya secara menyeluruh.

Mulai dari bagian luar untuk mengetahui apakah terdapat penyok, goresan, ataupun kerusakan lainnya. Selain itu, periksa juga kondisi ban, lampu, wiper, dan lain sebagainya.

Jika bagian luarnya tidak bermasalah, periksa juga bagian dalamnya mulai dari kursi, dashboard, AC, dan perangkat lainnya. Pastikan semua perangkat tersebut berfungsi dengan baik.

Apabila kamu tidak paham dengan bagian-bagian dalam mobil, sebaiknya minta bantuan teman atau orang lain yang memang mengerti pada bidang tersebut.

Disisi lain, pastikan juga bahwa si perusahaan rental telah menyediakan dokumentasi tertulis seputar kondisi mobil ketika kamu menerimanya.

Dengan begitu, maka kamu terlepas dari tanggung jawab atas kerusakan yang sudah ada sebelum disewa.

4. Pastikan Terdapat Garansi

Asuransi menjadi salah satu faktor yang sangat penting saat menyewa mobil. Oleh karenanya, pastikan bahwa mobil yang kamu sewa sudah dilengkapi dengan asuransi yang memadai.

Pasalnya, asuransi berperan untuk melindungimu dari tanggung jawab finansial jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan maupun kerusakan terhadap mobil selama masa penyewaan.

Jadi, kamu harus menanyakan pada pihak perusahaan rental seputar jenis asuransi yang disediakan, dan apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut.

5. Cermati Kebijakan Perusahaan Rental

Pada dasarnya, setiap perushaan rental mobil mempunyai kebijakan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mencermati dan memahami kebijakan dari perusahaan rental sebelum memutuskan menyewa mobil.

Adapun mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti kebijakan pembatalan, kebijakan pengembalian mobil, serta kebijakan biaya tambahan.

Sebagai contoh, ada beberapa perusahaan rental mobil yang memang memberlakukan biaya tambahan jika pengembalian mobilnya lebih lambat dari waktu yang disepakati.

Begitu pun saat hendak keluar kota, pastikan bahwa si perusahaan rental telah mengizinkannya. Dengan memahami semua kebijakannya, tentu saja kamu akan terhindar dari biaya-biaya yang tidak terduga ataupun berbagai kendala lainnya.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui saat hendak menyewa mobil di kota Bandung.