Ford mengkonfirmasi SuperVan baru untuk Goodwood

Jika kami perlu mengingatkan Anda apa itu Ford SuperVan, maka keluarkan diri Anda dari bidang permainan dan bicarakan sedikit dengan diri Anda sendiri. Karena kita sedang membicarakan kekonyolan promosi yang terbaik – kekonyolan berdada tujuh puluhan, delapan puluhan, dan sembilan puluhan berbasis V8. Dari Ford. Dalam bentuk van Transit. Sejujurnya, jika ini tidak diimpikan di pub di atas asbak berisi Rothmans dan meja biliar bernoda bir, maka semua hal yang dikatakan ayah kami (dan John Howell) kepada kami adalah bohong.

Begini saja: Supervan asli dibangun di atas sasis GT40, dan ditenagai oleh Ford V8 5.0 liter yang dipasang di tengah. Dengan bodyshell Mk1 Transit yang tidak berubah diletakkan di atasnya. Itu bisa melakukan 100mph di gigi kedua. Pada tahun 1971. Supervan 2 bahkan lebih konyol karena tahun 1984 dan semua orang mengigau melihat trilogi Star Wars pertama. Itu dibangun di atas sasis Grup C yang dibuang (!) Dan menampilkan Cosworth DFL V8 3,9 liter. Itu juga terlihat luar biasa karena membutuhkan a) saluran udara besar untuk menjaga mesin balap tetap dingin, dan b) paket aero yang menonjol untuk menjaga barang di geladak dengan kecepatan 176mph. Yang itu.

Akhirnya ada Supervan 3, yang sebenarnya dibangun di atas keberanian Supervan 2 pada tahun 1994 untuk mempromosikan Transit yang baru. Untungnya ini tidak terlalu rumit karena cangkangnya hanya berbahan glassfibre, jadi bisa di-tweak menyerupai model terbaru. Itu juga di-tweak di bawahnya; Ford menukar DFL dengan penggantinya, HB 3,5 liter yang sangat bertenaga, dirancang oleh Cosworth terutama untuk balap F1. (Sepuluh tahun kemudian, pabrikan mengganti V8 dengan V6 yang lebih berguna, sebelum memasukkannya ke dalam koleksi warisan.)

Sekarang, lebih dari 20 tahun sejak Ford tampaknya mendapat masalah karena menggunakan livery Kantor Pos dalam tamasya terakhirnya (Anda tidak dapat mengada-ada) ada versi baru yang masuk. Tentu, kami akan menjadi yang pertama mengakui bahwa beberapa kilau terhapus oleh fakta bahwa, seperti namanya, Ford Pro Electric SuperVan adalah listrik. Tapi kita tidak bisa menyalahkan Blue Oval untuk itu – tugas utamanya adalah untuk mempromosikan E-Transit Custom yang baru-baru ini diluncurkan, yang, sebagai penerus van listrik terbesar di Eropa, adalah masalah besar.

Jadi tidak ada V8 yang disiapkan untuk balapan, kalau begitu. Namun demikian, Ford menegaskan Supervan terbaru “telah dikembangkan untuk menampilkan kinerja ekstrem dan konektivitas percepatan produktivitas yang dimungkinkan oleh generasi baru produk Ford Pro listrik” – yang, tentu saja, cara lain untuk mengatakan itu akan cukup menarik. cepat. Dan itu benar-benar perlu jika perusahaan ingin menghidupkan reputasi (dan popularitas yang bertahan lama di mata publik) yang didirikan setengah abad yang lalu.

“Sejak 1971, Ford SuperVans telah mengeksplorasi apa yang mungkin dengan Transit dan mendorong batas kinerja,” kata Mark Rushbrook, direktur global, Ford Performance Motorsports. “Ford Pro Electric SuperVan baru mengantarkan era baru kemungkinan dengan powertrain elektrifikasi dan konektivitas yang ditingkatkan dari E-Transit Custom baru kami yang serba listrik.” Kita akan tahu dengan pasti apa batasan dan kemungkinan itu ketika Ford membuka penutupnya di Goodwood pada hari Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *