BMW M5 Touring (E61) | Tutul

Ini adalah minggu, orang – itu akhirnya terjadi. Di Goodwood Festival of Speed ​​pada hari Kamis, dunia akan melihat M3 Touring yang sudah jadi dan siap produksi. Setelah menunggu apa yang terasa seperti selamanya untuk gerobak Seri 3 terbaik (bisa dibilang lebih dari 20 tahun, mengingat betapa bagusnya konsep E46 yang asli), kita akan segera mengetahui setiap detail tentang real M3. Yang sangat mengasyikkan.

Paling tidak karena G80 dan G82 M3/M4 saat ini telah terbukti sangat mengesankan dalam setiap format, mengacaukan banyak keraguan yang pernah ada. Namun, M3 Touring paling menarik, karena gerbong M tidak sering terjadi. Sementara AMG telah menghasilkan V8 E-Class dan C-Class sejak 20th abad, dan Audi tidak jauh dari RS4 kelimanya, BMW telah puas dengan meninggalkan saingan terdekatnya (dan Alpina) ke permainan real estat. Yah, sampai sekarang, tentu saja. Mungkin mobil-mobil itu telah terbukti terlalu populer untuk diabaikan BMW lebih lama lagi, atau mungkin tidak banyak kesempatan tersisa untuk membuat 510hp, mobil enam real estate. Apapun masalahnya, tidak akan banyak di luar sana yang mengeluhkan keberadaan M3 Touring. Bahkan jika mungkin akan ada beberapa komentar tentang gaya.

Sudah satu setengah dekade sejak BMW M estate terakhir juga, yang merupakan aeon dalam tahun mobil – Audi RS4 generasi B7 masih dijual saat itu. Touring yang dimaksud, tentu saja, adalah M5, dan mobil apa itu. Sedan M5 dan coupe M6 telah ada selama beberapa tahun pada saat itu; mengingat begitu sedikit E34 M5 Tourings yang dibuat (dan jelas tidak ada E39), keberadaan E61 dengan V10 tidak benar-benar diberikan. Fakta bahwa hal itu terjadi tampak sangat ajaib mengingat sejarah BMW.

Oh ya, dan itu luar biasa. Mengemas mesin V10 5.0 liter 507hp sensasional yang sama, tidak membawa lebih banyak bobot dan bisa dibilang terlihat lebih baik daripada empat pintu dalam prosesnya. “BMW besar telah mengambil keraguan yang kami miliki tentang kemampuan dinamis utamanya dan meledakkannya ke galaksi berikutnya”, baca satu penilaian. Bahwa Touring dikagumi tidak mengejutkan banyak orang. Namun pada akhirnya hanya 222 mobil penggerak kanan yang dibuat, yang merupakan jumlah kecil – Inggris akan mendapatkan 100 M4 CSL baru, sebagai perbandingan. Mengingat bagaimana hal-hal berjalan ekonomis 2007-2009, mungkin menjual begitu sedikit mobil estate seharga hampir £ 70k (atau lebih dari £ 90,000 hari ini) yang akan berjuang untuk 20mpg seharusnya tidak mengejutkan.

Hari ini M5 Touring tidak kurang dari ikon mobil M, dan yang ini terlihat sangat bagus. Sekarang, tentu saja, keluarga mobil ini terkenal dengan beberapa masalah yang cukup fatal terkait dengan V10 dan girboks SMG, dan tidak perlu disebutkan lagi. Baik M5 dan M6 adalah Pil Berani, dan reputasi menakutkan mereka membuat mereka turun menjadi sedikit lebih dari £ 10k pada suatu waktu. Akan selalu ada unsur risiko.

Tapi kemudian beberapa BMW dengan V10 5.0 liter terlihat lebih menarik daripada kebanyakan, dan ini tidak diragukan lagi salah satunya. M5 Touring akhir (2009) dengan hanya 59.000 mil, memiliki tiga pemilik dan tidak pernah diservis di mana pun kecuali di dealer BMW. Itu masih memiliki garansi pabrik, pada kenyataannya, yang meyakinkan. Dan, yah, agak lebih menarik, itu terlihat luar biasa, Interlagos Blue dan roda lebih sering terlihat pada M6 bekerja dengan baik. Yang ini telah bersama pemilik sebelumnya sejak 2015 dan tampaknya diperlakukan dengan “kepemilikan tanpa biaya” pada waktu itu – kondisi mendukung pernyataan itu. Anda akan membayar untuk hak istimewa memiliki mobil M yang langka dan dapat dikoleksi – £38k dua kali lipat harga beberapa sedan dengan jarak tempuh yang sebanding – tetapi mobil seperti ini sangat jarang tersedia. Dan bayangkan keseruan M Touring saat BMW akhirnya menunjukkan bahwa M3…

SPESIFIKASI | BMW M5 TOURING (E61)

Mesin: 4.999cc, V10Penularan: Manual otomatis 7 kecepatan, penggerak roda belakang Daya (hp): [email protected] Torsi (lb kaki): [email protected]MPG: 18.8CO2: 361g/km Pertama terdaftar: 2009 Jarak tempuh: 59.000Harga baru: £67.075 (2007)Milik Anda untuk: £38,000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *