BMW M3 Touring baru telah resmi tiba

Sementara banyak yang sudah diketahui tentang BMW M3 Touring pertama – waktu Nurburgring, powertrain dan bagian mana yang dicetak 3D – debut penuh dan semua detail terkait masih sangat menarik. Paling tidak karena kita akhirnya bisa melihatnya dalam semua kemuliaan yang ditingkatkan M. Tentu saja Touring dilengkapi dengan semua yang kami harapkan dari mobil M: empat knalpot 100mm, lengkungan yang dipompa, banyak bit karbon, kisi-kisi…

Ya, tidak ada yang terlalu mengejutkan dengan tampilan M3 Touring, menggabungkan bagian belakang yang tampan dari G21 3 Series Touring dengan bagian depan yang lebih memecah belah dari G80/2 M3/M4. Detailnya tentu menarik, karena ini jauh lebih besar daripada gerobak Seri 3 biasa. Pada 4.794mm M3 lebih panjang 85mm, dan 1.903mm lebih lebar 76mm dari mobil standar. Tingginya 1.436mm – atau 4mm lebih rendah.

Atapnya akan berwarna hitam mengkilap sebagai standar (mungkin terlihat seperti karbon pada coupe dan saloon), dengan opsi warna bodi yang tersedia; rel atap – di M3! – berwarna hitam mengkilap. Meskipun biasanya bukan masalah besar untuk mobil M, tampaknya tepat untuk menyebutkan ruang bagasi di sini: Touring menawarkan 500 liter dengan kursi di atas, atau 1.510 dengan kursi di bawah. Semoga kotak atap bisa masuk ke rel itu dengan mudah.

BMW berbicara tentang pita hitam mengkilap di sekitar mobil, dari spoiler depan hingga kusen dan apron belakang. Tentu saja Touring tidak luput dari keunggulan M3, membawa spion khusus M, insang samping, flic aero, dan diffuser. Velg yang sudah dikenal, 19 inci di depan dan 20 inci di belakang, juga dipasang, dan pembeli Touring akan ditawari upgrade ban Cup 2 dan rem keramik yang sama seperti model yang ada. Yang akan menyebabkan kehebohan di hari trek.

Tentu saja tidak akan ada yang menahan siapa pun di sirkuit, M3 Touring membual yang sama 510hp/479lb ft 3.0-liter twin-turbo enam lurus seperti coupe dan saloon. Dipasangkan dengan delapan kecepatan otomatis dan xDrive standar, Touring akan mencapai 62mph dalam 3,6 detik (hanya sepersepuluh dari coupe), 124mph dalam 12,9 detik dan maksimum 155mph; peningkatan limiter 174mph tersedia secara opsional.

Trik bit sasis yang sama yang sudah biasa kita lakukan – Kontrol traksi M, penganalisis drift, mode 2WD, dan semuanya yang dapat dikonfigurasi – ada dan benar. Sebagai pengingat (sudah beberapa bulan sejak ada turunan M3 baru), itu berarti kemudi dengan rasio variabel M Servotronic dengan mode Comfort dan Sport, suspensi Adaptive M, M Steptronic dengan tiga pengaturan untuk mode manual dan otomatis, Tombol M Mode dengan preset Road, Sport, dan Track untuk bantuan pengemudi, opsi powertrain, dan dua pengaturan untuk pengaturan rem mana pun yang Anda pilih. (Tidak heran mereka semua berakhir begitu berat.)

Bit tersembunyi yang membuat Seri 3 menjadi M3 akan berkontribusi pada total itu juga (BMW belum mengutip bobot kerb), dengan perangkat keras yang ditingkatkan sama seperti dua dan empat pintu. Jadi, kekakuan torsi Touring meningkat dengan ‘link penguatan khusus’ yang menghubungkan menara penyangga satu sama lain, hidung dan sekat, panel geser aluminium untuk memperbesar subframe depan, tambahan bracing dari depan ke belakang ditambah bespoke (dan dipasang dengan kokoh) subframe gandar belakang. Dengan pengaturan yang lebih agresif (camber, castor, kingpin angle) untuk memanfaatkannya, M3 Touring akan “memaksimalkan kemampuan dinamis lateral sambil tetap memastikan kenyamanan berkendara yang terselesaikan dengan baik.”

Sejauh ini, begitu M3. Apa yang menandai Touring keluar, di luar perbedaan bentuk yang jelas, adalah tampilan interior baru. Kabin yang diperbarui akan mencapai sisa rentang, meskipun mobil ini (dan debutnya di Goodwood pada hari Kamis) akan menjadi yang terbaik. Sekarang ada BMW Curved Display 12,3 inci untuk pengemudi, dengan layar infotainment 14,9 inci; keduanya bergabung “menjadi satu unit sepenuhnya digital dan resolusi tinggi di belakang permukaan kaca tanpa bingkai yang miring ke arah pengemudi. Ini didukung oleh Sistem Operasi BMW 8.

Mungkin mereka yang mengharapkan kejutan spesifikasi atau dua akan sedikit kecewa, tetapi kombinasi dari mungkin sedan olahraga terbaik di luar sana saat ini dengan badan perkebunan seharusnya sudah cukup untuk sebagian besar. Terutama dengan kelangkaan oposisi. Jangan sampai kita lupa, AMG C63 tidak ada lagi (setidaknya sampai penggantian empat silinder tiba) dan RS4 saat ini berada di akhir masa pakainya (dengan model Kompetisi habis-habisan segera mendarat). M3 Touring akan berharga £80.550, yang sebenarnya lebih murah dari konfigurator BMW yang saat ini dikatakan dijual seharga £80.970. Ini hampir seperti mereka ingin Touring menjadi sepopuler mungkin. Mobil secara resmi mulai dijual pada bulan September; jika semua orang seperti kita, berharap ada banyak, banyak orang yang putus asa untuk mendapatkan satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *