Porsche merayakan 20 tahun Cayenne

Inilah sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Porsche Cayenne: hampir seperti MPV. Apa pun pendapat Anda tentang SUV Porsche, mungkin bisa disepakati, mengingat bagaimana keadaannya, bahwa 4×4 yang cepat mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada pengangkut orang yang sangat sehat. Selain itu, sementara kita semua tahu Cayenne secara luas dikreditkan sebagai mobil yang menyelamatkan Porsche (Boxster telah membantu memulai), perlu diingat betapa drastis perubahan haluan itu. Titik nadir Porsche adalah tahun keuangan 1991/92, dengan hanya 23.060 mobil yang dikirimkan. Setelah Project Colorado (sebutan Touareg dan Cayenne dalam pengembangannya) mulai beroperasi, tidak ada yang bisa menahannya: mobil gen pertama terjual 276.652 unit dalam delapan tahun, atau sedikit kurang dari 35.000 untuk setiap tahun. Kemudian itu terus berjalan dan berjalan …

Ada lebih dari beberapa tonggak sejak Cayenne mengungkapkan di pameran Paris pada tahun 2002. Ini memperkenalkan kembali lencana GTS (yang pertama sejak 928, sebenarnya), dengan model V8 406hp pada tahun 2007, ada dua Transsyberia yang didukung pabrik Rally menang (dengan edisi khusus yang mengagumkan untuk menandai mereka), Porsche hibrida produksi pertama pada tahun 2010 adalah Cayenne, dan SUV tercepat di sekitar Nordschleife masih satu juga – Turbo GT 7:38.925 belum terkalahkan.

Jadi Cayenne bukannya tanpa pencapaian, dan semua itu tidak berarti apa-apa tentang pencapaian mobil selama tiga generasi. Beberapa turunan tidak diragukan lagi lebih menarik daripada yang lain, tetapi itu berlaku untuk banyak mobil. Dalam bentuk apapun sejak tahun 2002, Cayenne telah menjadi salah satu SUV paling lengkap dan diinginkan di luar sana, dengan lebih banyak pengikut di belakangnya. Ingat ini datang bahkan sebelum Range Rover Sport; 2002 adalah hari-hari awal untuk SUV mewah, dan varian Porsche menunjukkan apa yang mungkin.

Maklum, Porsche cukup senang dengan kesuksesan Cayenne. “Mobil sport kami di segmen SUV telah terbukti menjadi mesin terlaris dan berkembang sejak tahun 2002. Dan bukan hanya itu. Cayenne telah membuka pintu ke banyak pasar baru untuk Porsche dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi internasionalisasi jaringan penjualan kami” kata Oliver Blume, Chairman Porsche, saat peluncuran generasi ketiga di tahun 2017.

Tentu saja itu tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti sekarang. Tetapi sebelum ini menjadi PH penuh Ini adalah Hidup Anda, perlu diingat bahwa Cayennes awal bukannya tanpa masalah – Anda tidak berhasil mencapai wilayah Brave Pill tanpa beberapa jebakan yang terkenal. Dan depresiasi. Di mana dulunya 928 adalah Porsche V8 yang murah dan berisiko, sekarang Cayenne. Yang membawa kita, agak nyaman, ke baris …

Cukup menakjubkan, adalah mungkin untuk membeli Cayenne S generasi E1 – jadi dengan 4.5 V8 – hanya dengan £3.449. Seiring berjalannya waktu, mobil tahun 2006 dengan jarak hampir 120.000 mil ini terlihat lebih dari cukup, tetapi tentu saja bukan tanpa bahaya ringan. Namun, itu £ 3.000 untuk Porsche. Naikkan anggaran bahkan hingga £7.000 dan ada Cayenne yang terlihat sangat berguna di luar sana; yang benar-benar berani akan senang mengetahui bahwa ada Turbos 450hp yang masih tersedia seharga £10.000 juga.

£15k untuk GTS gen-satu yang layak juga mendapatkan mobil E2 paling awal, yang mungkin akan menjadi diesel karena itulah yang diinginkan semua orang saat itu. Mobil bagus juga, tapi jangan lupa – seperti yang dilakukan Porsche dalam siaran persnya yang luar biasa – bahwa diesel mega Cayenne adalah V8. Itu hampir 400hp, lebih dari 600lb ft dan kemampuan untuk mengecilkan jarak tidak seperti yang lain. Saat melakukan mpg yang masuk akal juga, bahkan jika £2-a-liter mengimbangi itu sedikit. Dimungkinkan untuk membayar £ 20k ​​untuk salah satu monster 4,1 liter itu; hingga sedikit kurang dari £ 30k dan ini sangat pintar – roda kecil, kaca bening, kulit bagus – contoh 2014 ditawarkan.

Lalu, tentu saja, ada generasi saat ini, E3 serba bisa, menari semua dengan lebih banyak varian daripada yang mungkin bisa kita liput pada Jumat sore. Dengan mudah bagi calon pembeli, semuanya sangat bagus; V6 sekarang bisa keluar dari jalannya sendiri, dan matinya diesel dari 2017 telah memungkinkan PHEV Cayennes menjadi pusat perhatian. Yang, pada puncaknya, berarti 680hp di Turbo S E-Hybrid, baik dalam bentuk SUV konvensional atau Coupe, yang merupakan lompatan dari 250hp 3.2 V6 yang tersedia di awal 2000-an. Namun, sekali lagi, bahkan dengan Turbo dan semua yang tersedia, GTS mungkin adalah yang terbaik yang bisa didapatkan Cayenne. Spesifikasi ini tidak imajinatif (dan itu baik), tetapi SUV £ 100k tidak menjadi jauh lebih baik. Porsche akan berharap hal yang sama tetap benar pada tahun 2042…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *