McLaren Artura GT4 memecahkan penutup

Sejak 2016, McLaren 570S GT4 telah meraih kemenangan di seluruh dunia dalam balap mobil sport. Ini juga menjadi tulang punggung Pure McLaren GT Series. Inilah mobil yang mendapat tugas berat menggantikannya di ajang balap internasional, Artura GT4.

Seperti mobil jalan raya, Artura balap membawa beberapa kemajuan yang berguna dibandingkan pendahulunya Seri Olahraga. Dibangun dari Arsitektur Ringan Karbon McLaren yang baru, McLaren mengatakan mobil ini lebih dari 100kg lebih ringan dari 570S yang setara. Apalagi V6 diklaim lebih ringan dan responsif dibandingkan M838T V8 sebelumnya; menambahkan rasio gigi yang lebih pendek dan perbedaan slip terbatas mekanis (menggantikan bantuan berbasis rem lama) dan Artura tampaknya memiliki semua basis yang tercakup dalam hal itu menjadi pembalap yang lebih kompetitif. Terutama ketika Anda mempertimbangkan peningkatan yang dilakukan pada efisiensi pendinginan rem dan redaman.

Kemudian menjadi sangat menarik. Karena di mana mobil jalan raya adalah hibrida – baterai 7.4kWh memberikan 95hp dan jangkauan 19 mil – peraturan saat ini tidak mengizinkan mobil hibrida. Jadi GT4 ini, seperti versi balap dari Honda NSX baru-baru ini, berjalan tanpa baterai atau motor, artinya Anda mendapatkan tenaga V6 twin-turbo yang murni. Di mobil jalan raya yang menghasilkan 585hp, meskipun output untuk Artura ini jelas akan tergantung pada aturan Balance of Performance. Menariknya juga, GT4 membawa gearbox tujuh kecepatan (dengan rasio lebih pendek dari 570S) daripada delapan kecepatan mobil jalan; versi produksi menggunakan motor listrik untuk mundur tetapi peraturan sportscar saat ini menetapkan gigi mundur harus dipasang.

Di tempat lain, modifikasi seperti yang diharapkan untuk seorang pembalap GT4. Rem dan kontrol traksi sekarang khusus untuk motorsport, tangki bahan bakarnya sangat besar 110 liter dan revisi bodywork berarti panel dapat diganti dengan mudah jika terjadi kerusakan – bagian belakang menggunakan desain spoiler ‘G-Pylon’ yang berarti bagian belakang dapat dilepas tanpa membongkar spoiler jika terlalu berat. Perombakan aerodinamis – lihat sayap belakang dengan pengaturan tujuh sudut, splitter depan, bidang menyelam dan saluran kap – dikatakan memberikan downforce tambahan dibandingkan dengan 570S, terutama di ujung depan.

Artura juga menggunakan ban depan yang lebih lebar, yang selanjutnya akan membantu cengkeraman dan degradasi ban. Di bagian dalam, roda kemudi dipinjam dari 720S GT3, dan Artura telah dirancang dengan mempertimbangkan balap ketahanan juga: opsi termasuk lampu tambahan untuk balap malam dan sistem minuman. Jika ada balapan GT4 di mana saja di dunia, Artura harus memenuhi syarat.

Direktur Motorsport McLaren Ian Morgan mengatakan tentang mobil baru: “Dengan bobot yang lebih ringan, karakteristik penanganan yang sangat presisi dan daya tahan yang ditingkatkan – serta keunggulan kemasan dan efisiensi dan kemudahan servis menyeluruh untuk mekanik powertrain V6 baru – Artura GT4 akan menetapkan standar kelas baru, seperti yang telah kita lihat dari program pengujian dan pengembangan ekstensif kami.” Semuanya akan terdengar seperti kabar baik bagi mereka yang telah merasakan kesuksesan di 570S. Dan agak kurang menggembirakan bagi para rival yang akan menghadapi Artura di trek pada tahun 2023…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *