Lihatlah 2.000hp Ford Pro Electric SuperVan

Mengingat sejarah panjang konsep tersebut, kita semua mengharapkan kekuatan gila dari Ford SuperVan baru. Bahkan tanpa latar belakang, Mustang Mach-E 1.400hp menjadi preseden untuk satu kali pakai baterai yang luar biasa dari Blue Oval. Tetapi Ford Pro Electric SuperVan telah melampaui semua harapan dan prediksi. Karena memiliki 2.000 hp – dan kemampuan untuk mencapai 62 mph dalam waktu kurang dari dua detik.

SuperVan memiliki kekuatan luar biasa ini berkat kombinasi baterai berpendingin cairan 50kWh yang dipesan lebih dahulu dan empat (ya, empat) motor listrik. Baterai ditempatkan serendah dan sepusat mungkin untuk distribusi berat, dan Ford mengklaim pengisi daya cepat EV standar dapat mengisi ulang dalam 45 menit. Tidak ada jangkauan atau apa pun yang begitu membosankan seperti itu, tetapi berharap berlari hingga 60mph secepat mobil F1 menghabiskan baterai dengan cukup cepat.

Performanya lebih dari sekadar kecepatan di garis lurus, namun, empat motor SuperVan menawarkan segala macam peluang dengan distribusi torsi. Ada lima mode berkendara, sebagai permulaan, mulai dari Road to Rally dan termasuk semuanya dari Drag to Drift; jika SuperVan membutuhkan traksi maksimum atau potensi showboating maksimum, motor dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Bahkan ada ‘Mode Pembersihan Ban’, yang dapat sepenuhnya mengerem satu gandar dan memutar yang lain, “menciptakan burnout yang mengesankan di gandar depan atau belakang”. Berharap untuk melihat banyak hal itu di Goodwood selama akhir pekan. Kami akan kecewa jika tidak ada – terutama dengan mengemudikan Romain Dumas.

Ford Pro Electric SuperVan telah dibuat secara rahasia – seperti bagaimana tidak ada yang tahu tentang GT sebelum ditampilkan – dikembangkan oleh Ford Performance, Ford Design dan spesialis reli listrik STARD di Austria. Yang berarti semua barang bagus, pada dasarnya, termasuk wishbone ganda dengan panjang yang tidak sama (dan itu terlihat seperti skema warna KW pada peredam bagi kami) serta subframe, rangka, dan rem ‘kelas motorsport’, yang terakhir dijepit oleh kaliper Alcon. Perhatikan baik-baik dan Anda akan melihat roda tempa OZ juga, pada ban licin Avon. Ditambah perancah roll cage yang cukup untuk menopang semi tiga tempat tidur.

Kita mungkin harus berbicara tentang penampilan juga, Ford Performance dan STARD telah bekerja pada splitter depan, side skirt dan diffuser. Potongan luar biasa di bagian belakang akan menjadi ciri khas SuperVan khusus ini, bekerja bersama dengan sirip punggung untuk menyalurkan udara, menghasilkan downforce, dan “mendorong Electric SuperVan ke trek untuk cengkeraman lebih banyak.” Mereka adalah beberapa lengkungan melepuh gaya RS yang tepat, juga, meskipun livery satu kali ini sepertinya tidak begitu berkesan seperti beberapa SuperVans lama.

Konon, ada lebih banyak van di sini daripada upaya sebelumnya. Transit EV di jalan raya memiliki pengereman regeneratif, dan begitu juga dengan tiga tahap yang ditawarkan. Ada mode Eco yang membuatnya lambat dan hanya untuk penggerak depan. Layar sentuh Sync telah dibawa langsung dari Mustang Mach-E dengan fungsi yang sama; serta mode drive yang disebutkan di atas, ia mengontrol konektivitas telepon dan navigasi, dengan sistem pelepasan elektromagnetik untuk pintu yang sedang dikembangkan. Hampir sebuah van yang tepat, lihat. Ford dengan bangga menunjukkan, terlebih lagi, ke pencatatan data waktu nyata; untuk SuperVan yang berarti perangkat lunak dan insinyur khusus, tetapi juga dimungkinkan dalam Transit produksi dengan Ford Pro E-Telematics atau FordPass Pro, sehingga bisnis dapat “melacak kesehatan dan keamanan armada.” Atau beri tahu pengemudinya tentang cara mengemudikan Transit listrik dengan lebih efisien…

Bagaimanapun, itu sudah cukup dari hal-hal yang berharga – ini adalah “eksperimen sains berkecepatan tinggi” Ford, hanya satu yang terlihat sedikit seperti van. Bisa dibilang juga, ada sedikit lebih relevan dengan SuperVan ini daripada yang memiliki mesin mobil F1, betapapun menyenangkannya mereka. Karena E-Transit Custom empat motor yang lebih cepat sepertinya bukan ide paling konyol di dunia mengingat kesukaan saat ini terhadap megavan seperti yang berasal dari M-Sport. Ford mengatakan Pro Electric SuperVan memungkinkannya untuk “menembus batas-batas rekayasa dan konektivitas kendaraan listrik untuk meningkatkan mobil balap dan kendaraan jalan raya, perangkat lunak, dan layanan masa depan.” Plus, Anda ingin berharap, bersenang-senang juga dalam prosesnya, karena ini terlihat brilian.

“Kami membawa SuperVan ke abad ke-21 dengan 2.000PS tenaga listrik untuk kegembiraan yang tak tertandingi dan gaya yang terinspirasi oleh E-Transit Custom baru. Tetapi performa tidak hanya tentang tenaga kuda – kekuatan pemrosesan Electric SuperVan berarti para insinyur dapat menggunakan data kendaraan secara real-time untuk mengoptimalkan performanya, seperti pada mobil balap tingkat atas,” kata Mark Rushbrook, direktur global Ford Performance Motorsport. Goodwood-goers akhir pekan ini akan dapat melihat SuperVan bersama Ranger Raptor baru, yang secepat kendaraan komersial Ford. Untuk saat ini, setidaknya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *