Kemenangan TR6 | Terlihat | PistonHeads Inggris

Saya mengendarai Jaguar E-Type Roadster belum lama ini seharga £400.000. Memang, itu adalah Seri III yang dengan susah payah diremajakan dan ditingkatkan oleh E-Type UK, tetapi, meskipun demikian, semua E-Type adalah uang besar akhir-akhir ini, bahkan yang tidak terkekang. Dan jangan bicara padaku tentang Aston Martins sejak periode itu. Saya tidak dapat menemukan DB5 atau DB6 drop top yang bukan POA, yang sejauh yang saya tahu berarti Pee Off [unless you’re outrageously] Makmur. Ini semua sedikit menyedihkan jika Anda adalah orang biasa yang mencari sedikit glamor terbuka dengan soundtrack enam silinder untuk musim panas.

Tapi itu membuatku berpikir. Ketika saya tumbuh besar di tempat orang tua saya, tetangga sebelah lama kami memiliki Triumph TR6, yang menurut saya adalah hal yang tampak spektakuler. Warnanya merah dengan kabel krom, dan ketika dia mulai memainkannya – dia sepertinya lebih banyak mengutak-atik daripada mengemudi jika saya ingat – saya akan mendengarnya dan berlari keluar rumah dan menuju ke seberang pagar untuk mendengarkannya. Kedengarannya fantastis, dan fakta bahwa injeksi bahan bakar mekanis jarang berada di urutan teratas – jadi itu menganggur seperti pengetuk tiang – membuatnya lebih baik terus terang. Kekakuan itu seperti mobil balap yang dijebak rumit dan udara di sekitarnya dipenuhi hidrokarbon. Sekarang, dikelilingi gelembung kabut asap TR6 mungkin lebih buruk daripada mengisap orang Kuba yang gemuk, tapi bagi saya itu adalah parfum.

Lalu ada tampilannya. TR6 adalah mobil yang sangat tampan, bukan begitu? Tentu, itu tidak swoopy seperti E-Type, tapi tidak apa-apa. Ini hanya berbeda. Saya suka kebersihan garis-garisnya yang, di mata saya, memiliki kelezatan Italia tertentu. Mereka bukan orang Italia. TR5 ditulis oleh Michelotti, tetapi pencipta TR6 sebenarnya adalah orang Jerman. TR6 diproduksi dengan anggaran terbatas oleh Karmann, yang mengembangkannya dari TR5 untuk menciptakan sesuatu yang sangat berbeda dan kontemporer yang terlihat dari mobil yang pada dasarnya sama. Dan dengan sedikit efisiensi Jerman, pekerjaan itu hanya memakan waktu 14 bulan.

Mesinnya adalah sisa dari TR5, yang merupakan pengembangan dari mesin 2.0 liter ‘enam’ dari Triumph 2000. Namun, blok tersebut dimodifikasi, dan memiliki stroke yang lebih panjang untuk meningkatkan liternya menjadi 2,5. Itu juga datang dengan camshaft yang berbeda dan conrods dan piston yang ditingkatkan plus, tentu saja, injeksi bahan bakar Lucas yang sering merepotkan – mobil produksi Inggris pertama yang memiliki sihir seperti itu. Mobil CP ini menghasilkan 150hp, sedangkan model CR yang lebih baru, dari tahun 1973, memiliki camshaft yang lebih tenang yang memberikan fleksibilitas mesin yang lebih besar tetapi mengurangi tenaga puncak menjadi 125hp. Jika Anda menukar pompa bahan bakar Lucas dengan sedikit efisiensi Jermanik, unit Bosch, tidak perlu berkeliling dengan kantong es untuk menghentikan benda yang terlalu panas dan berhenti berputar.

Menurut iklan tersebut, mobil ini pernah ditinggalkan di jalan London dan memiliki gelandangan yang tinggal di dalamnya – itu tidak menyenangkan mengingat tidak banyak ruang di dalam TR6. Sejak itu telah sepenuhnya dipulihkan dan telah memenangkan berbagai acara concours. Saya berasumsi bahwa 500 mil yang dikutip pada odometer adalah semua yang dilakukan sejak selesai. Yang terpenting, ini bukan £400.000. Juga bukan £200,000 atau bahkan £100,000, dalam hal ini. Ini milik Anda seharga £46.000. Dalam iklim mobil klasik yang terlalu panas saat ini yang tampaknya tidak terlalu buruk untuk meledak di sekitar pedesaan dalam klasik Inggris soft-top dengan parp enam silinder, bukan?

Spesifikasi | Kemenangan TR6

Mesin: 2.498cc, enam lurus, disedot secara alami

Penularan: manual empat kecepatan (dengan overdrive), penggerak roda belakang

Daya (hp): 150 @ 5.500rpm

Torsi (lb kaki): 164 @ 3.500rpm

harga baru: £1,300 (perkiraan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *