Aston Martin DB5 milik David Brown untuk dijual

Sekarang 75 tahun sejak David Brown mengakuisisi Aston Martin, menanggapi sebuah iklan di The Times yang menawarkan penjualan ‘Bisnis Motor Kelas Tinggi’. Pasca Perang Dunia II Aston agak terkepung, dan Brown membayar £20.500 untuk itu. Itu tahun 1947; pada tahun 1959 Aston sedang membangun pemenang Le Mans, dan David Brown meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di Aston. Sulit membayangkan jajaran Aston Martin yang pernah ada tanpa mobil berlencana ‘DB’ di suatu tempat dalam kisaran tersebut, yang merupakan warisan yang cukup banyak.

Oleh karena itu, bahkan tanpa status pendiri yang dimiliki orang-orang seperti Enzo dan Ferruccio, David Brown dan Aston Martin terkait erat (dan sangat menguntungkan). Jadi, Aston dengan hubungan nyata dengan pria itu akan cukup banyak ditemukan …

Yang persis apa yang kita miliki di sini, Nicholas Mee menawarkan untuk dijual sebuah mobil yang dipesan baru oleh DB dan disimpan olehnya selama tiga tahun pertama masa pakainya. Bukan sembarang Aston Martin tua, tapi DB5 Convertible; mungkin tidak begitu ikonik seperti hardtop, tetapi mobil yang sangat langka, dengan hanya 123 yang pernah dibuat. Menjadi ketua dan semuanya, Brown tidak menahan spesifikasi: Karibia Biru dengan kulit Biru Tua hanyalah permulaan, karena DB5 ini juga mendapat manual lima kecepatan yang baru, roda kawat chrome, radio Motorola dan Power- Kunci gandar belakang. Cukup mobil untuk Januari 1964.

Dan, jujur ​​​​saja di sini, mobil yang cukup untuk musim panas 2022 juga – ini benar-benar menakjubkan. DB5 Convertible terakhir dijual pada Januari 1994 (oleh Nicholas Mee, sebenarnya), yang berarti sudah hampir 30 tahun sejak David Brown Aston ini ditawarkan untuk dijual. Dengan kepemilikan sebelumnya, DB5 mendapat manfaat dari restorasi “sesuai dengan spesifikasi aslinya”, yang berarti pembangunan kembali hampir semua hal: mesin enam silinder lurus 4.0 liter, rem, suspensi, girboks, dan gandar. Ditambah semprotan ulang. Dan retrim dari kulit Connolly. Dan kerudung baru. Semuanya selesai pada tahun 2014, yang akan menjelaskan mengapa DB5 terus terlihat begitu segar.

Dengan kelangkaan semua DB5 (hanya seribu atau lebih yang dibuat di semua gaya tubuh dan termasuk Vantages), asal mobil ini dan kondisinya, Convertible ini jelas cukup istimewa bahkan menurut standar tinggi dari Aston Martin paling terkenal yang pernah ada. dibuat. Sementara DB6 terlihat seperti potongan komparatif pada beberapa ratus ribu, tampaknya tidak ada DB5 untuk apa pun yang kurang dari setengah juta; coupe yang sangat bagus mendekati £ 750k, Vantages terbaik sedikit lebih dari itu. Sebut saja efek James Bond.

Semuanya berarti tujuh angka sangat mungkin untuk satu angka, seperti yang dibuktikan oleh mobil yang disetujui Aston Works ini – juga dalam warna Biru Karibia. Adapun satu David Brown, harga yang diminta adalah £ 1.150.000. Mungkin dunia DB5 sejuta pound tidak akan bertahan selamanya (atau mungkin akan!), tetapi memiliki nama David Brown yang terkait dengannya akan membuat yang satu ini istimewa. Dan, tentu saja, agak berharga juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *